Kamis, Juli 07, 2011

Cara Setting Blog

Cara Setting Blog Di blogger

Hal pertama yang penting anda lakukan agar blog anda di blogger mempunyai performa yang baik adalah melakukan beberapa Setting atau pengaturan. Sebagai bahan inspirasi bagaimana cara melakukan setting blog di blogger, berikut Kolom Tutorial tuliskan cara pengaturan blog di blogger (pastikan anda (pastikan anda memilih bahasa indonesia agar sesuai dengan tutorial dibawah) :

* Silahkan login ke blogger dengan ID anda.
* Klik Pengaturan.
 pengaturan blog di blogger 
* Akan terlihat tab-tab menu berisi hal-hal yang harus anda atur :
menu pengaturan blog di blogspot

Dasar

Beberapa pengaturan dalam menu Dasar:
  • Alat Blog : Impor blog → ini adalah faslitas untuk mengimpor data dari komputer anda ( ini biasanya dilakukan ketika transfer blog) tidak usah di klik, biarkan saja. Ekspor blog > ini adalah fasilitas untuk mengekspor data blog dari server blogger ke komputer anda. Fasilitas ini disebut juga sebagai fasilitas Backup blog. Disarankan agar anda membuat backup data ke komputer anda, minimal satu minggu sekali. Data backup tersebut sewaktu-waktu bisa bermanfaat ketika anda ingin mentransfer ke blog lain di blogger, atau bisa juga untuk migrasi ke mesin blog yang lain seperti Wordpress. Hapus blog > Fasilitas untuk menghapus blog anda. Jika anda tidak berniat untuk menghapus blog, maka jangan sekali-sekali klik link ini.
  • Judul : isi dengan judul blog yang anda inginkan. Contoh : My personal blog
  • Uraian : isi dengan deskripsi blog yang ingin ditampilkan, sebaiknya ini diisi jangan dikosongkan. Contoh : catatan kecil hidupku yang unik.
  • Tambahkan blog Anda ke daftar kami? : disarankan untuk memilih opsi Ya.
  • Biarkan mesin pencari menemukan blog Anda? : Pilih Ya, agar blog anda dapat di index oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo atau Bing.
  • Tampilkan Editing Cepat di Blog Anda? : Boleh pilih Ya atau Tidak.
  • Tampilkan Link Posting Email? : Ini berupa icon email, jika anda menginginkan agar pengunjung blog dengan mudah mengirimkan email ke teman mereka tentang blog anda, maka Pilih Ya. Namun jika tidak, silahkan pilih Tidak.
  • Konten Dewasa? : Jika blog anda nantinya akan berisi hal-hal yang besifat dewasa seperti menampilkan artikel, gambar, atau video wanita seksi, dll maka pilih Ya. Namun, jika blog anda berisi hal-hal yang aman diakses oleh anak kecil, pilih Tidak. Sebagai catatan, jika anda memilih opsi Ya, maka nantinya ketika diakses blog anda akan ada peringatan bahwa berisi konten dewasa.
  • Pilih editor entri  : Ini adalah pilihan untuk post editor. Editor yang diperbarui → ini adalah post editor terbaru yang dimiliki oleh blogger, banyak fasilitas baru yang terintegrasi dalam post editor ini seperti tombol More untuk memotong artikel di blog anda. Editor lama → ini adalah post editor lama yang dimiliki blogger namun masih bisa anda gunakan, ada beberapa toolbar terdapat dalam post editor lama, namun tidak disediakan lagi di post editor baru, jadi silahkan pilih mana yang anda mau. Sembunyikan mode penyusunan →  pilihan ini khusus bagi anda yang sudah mahir dengan kode HTML, jika anda tidak menguasai tentang HTML, jangan gunakan post editor ini.
  • Aktifkan transliterasi? : Pilih Aktifkan jika post editor anda ingin mendukung ke translasi Hindi, Kannada, Malayalam, Tamil, atau Telugu. Pilih Nonaktifkan jika post editor anda tidak ingin ada translasi bahasa tersebut.
  • Akhiri pengaturan menu Basic dengan klik tombol SIMPAN SETELAN.

Publikasikan

Ini adalah fasilitas untuk mengubah nama domain anda di blogger dengan nama domain milik anda sendiri. Misal : http://namabloganda.blogspot.com menjadi http://namabloganda.com.
Untuk sementara waktu jangan lakukan apa-apa pada menu publikasikan ini. Tutorial tentang custom domain di blogger bisa anda baca pada artikel Cara Custom Domain di Blogger.

Format

Beberapa pengaturan dalam menu Format :
  • Tampilkan sebanyak mungkin : tulis jumlah post yang ingin tampil di halaman depan blog anda. Contoh : 5. Untuk pilihan dropdown disarankan untuk memilih opsi posting, jangan hari.
  • Format Header Tanggal : Pilih format tampilan tanggal yang anda sukai.
  • Format Tanggal Index Arsip : pilih format tampilan arsip yang anda inginkan.
  • Format Timestamp : Pilih format tampilan jam yang anda sukai. Jam disini adalah catatan waktu ketika artikel anda di publikasikan di blog.
  • Zona Waktu : Sesuikan dengan zona waktu dimana tempat anda berada.
  • Bahasa : Pilih bahasa yang dipakai untuk blog anda.
  • Konversi ganti baris : ini adalah fasilitas line break secara otomatis ketika anda klik enter ketika membuat sebuah posting. Fasilitas ini di pakai apabila anda kedepannya tidak akan memposting tentang kode-kode semisal HTML dan lain sebagainya. Pilih Tidak, jika anda berniat nantinya akan memasukkan kode-kode HTML kedalam posting posting anda, misal jika konten blog anda berisi tutorial bahasa HTML, PHP dan lain sebagainya.
  • Tampilkan Field Judul : Pilih Ya ataupun Tidak juga tidak ada masalah.
  • Tampilkan kolom Link : Pilih Tidak atau Ya juga tidak ada masalah.
  • Aktifkan perataan float : Pilih Ya, ini adalah agar gambar bisa diatur posisinya dalam postingan. Namun jika pilihan ini mengganggu tampilan blog anda nantinya, pilih saja Tidak.
  • Templat Entri : ini adalah fasilitas agar isi dari Templat Entri ini akan selalu muncul pada saat membuat posting. Biasanya fasilitas ini sering di gunakan untuk signature blog, yaitu tulisan atau kode signature disimpan dalam Templat Entri, sehingga ketika anda membuat posting, kode signature tersebut akan secara otomatis muncul tanpa harus menuliskannya secara berulang-ulang.
  • Akhiri Pengaturan menu Format dengan klik tombol SIMPAN SETELAN

Komentar

Beberapa pengaturan dalam menu Komentar :
  • Komentar: Pilih Tampilkan, jika anda menginginkan agar postingan ada bisa di komentari oleh pengunjung. Pilih Sembunyikan, jika artikel yang anda posting tidak ingin di komentari oleh pengunjung.
  • Siapa yang Bisa Berkomentar ? : Siapa pun - termasuk Pengguna Anonim  → untuk pilihan ini, maka siapa saja dapat berkomentar, termasuk Pengguna Anonim atau tanpa identitas jelas. Pengguna Terdaftar - termasuk OpenID → hanya user yang teregistrasi saja yang bisa berkomentar terhadap artikel anda, yang termasuk Pengguna Terdaftar adalah mereka yang mempunya akun di Google, Live Journal, Wordpress, Type pad, AIM, serta OpenID. Pengguna dengan Google Account → Yang bisa berkomentar hanyalah mereka yang mempunyai akun google. Hanya anggota blog ini → Hanya anggota dari blog anda saja yang bisa berkomentar, ini biasanya dipakai jika blog anda adalah untuk komunitas tertentu, misal komunitas pendidikan.
  • Penempatan Formulir Komentar : Halaman penuh → halaman blog anda akan di timpa oleh kotak komentar ketika ada pengunjung klik link komentar. Jendela munculan → Kotak komentar akan muncul dalam jendela baru apabila ada pengunjung yang klik link komentar. Disemat di bawah entri  → kotak komentar akan langsung ditampilkan langsung dibawah artikel posting anda, sehingga pengunjung dapat langsung memeberikan komentar tanpa harus klik link komentar. Format kotak komentar yang paling banyak disukai oleh blogger adalah Disemat di bawah entri.
  • Default Komentar untuk Entri : pilih Entri baru memiliki komentar jika artikel post anda ingin ada kotak komentarnya, namun sewaktu-waktu anda bisa saja mematikan fungsi ini ketika melakukan posting. Pilih Entri baru tidak memiliki komentar jika artikel post anda tidak ingin mempunyai kotak komentar, namun sewaktu-waktu anda bisa saja memunculkan fungsi ini ketika melakukan posting.
  • Tautbalik : Pilih Tampilkan jika anda ingin menampilkan link ke website yang membuat link ke artikel yang anda buat. Pilih Sembunyikan jika anda tidak ingin menampilkan link ke website yang membuat link ke artikel yang anda buat.
  • Bawaan Tautbalik untuk Posting : pilih Entri baru memiliki Tautbalik jika setiap artikel yang di posting memiliki Backlinks. Pilih Entri baru tidak memiliki Tautbalik jika setiap artikel yang di posting tidak ingin memiliki Backlinks.
  • Format Timestamp Komentar : pilih format tampilan tanggal komentar yang anda sukai.
  • Pesan Formulir Komentar : Tulis pesan yang ingin muncul diatas kotak komentar. Misal : Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.
  • Moderasi komentar : Pilih Selalu jika setiap komentar yang masuk ingin di moderasi terlebih dahulu oleh anda. Pilih Hanya pada entri yang lebih lawas dari jika komentar ingin di moderasi terlebih dahulu terhadapat posting yang umurnya telah anda tentukan. Pilih Tidak pernah, jika komentar yang masuk tidak ingin di moderasi terlebih dahulu dan akan langsung muncul diblog anda. Jangan lupa untuk memasukkan alamat email anda, apabila ketika ada orang yang berkomentar anda akan mengetahuinya melalui email. Atau kosongkan saja apabila anda tidak ingin menerima email pemberitahuan tentang komentar.
  • Tampilkan verifikasi kata untuk komentar? : Pilih Ya jika ingin menampilkan huruf verifikasi ketika ada yang berkomentar, pilihan ini adalah untuk mencegah terhadap script robot spam yang bisa membombardir blog anda dengan komentar, walaupun begitu pilihan ini mempunyai kekurangan yaitu pengunjung blog anda biasanya malas untuk berkomentar karena merasa ribet ketika berkomentar. Pilih Ya jika tidak ingin menampilkan huruf verifikasi, pilihan ini sedikit rentan terhadap script robot spam, namun biasanya pengunjung akan lebih suka berkomentar karena mudah dilakukan.
  • Tampilkan gambar profil dalam komentar? : Pilih Ya jika dalam kometar ingin ditampilkan gambar profile yang berkomentar. Pilih Tidak jika tidak ingin menampilkan gambar profile pemberi komentar.
  • Email Pemberitahuan Komentar : Masukkan alamat email yang ingin dikirim notifikasi apabila ada yang berkomentar. Jumlah maksimal email yang dapat menerima adalah 10 email.
  • Akhiri pengaturan menu Komentar dengan klik tombol SIMPAN SETELAN.

Arsipkan

Beberapa pengaturan dalam menu Arsipkan :
  • Frekuensi Arsip : pilih arsip yang ingin di tampilkan apakah Arsip tidak ada, Harian,Mingguan, atau Tiap Bulan. Disarankan untuk memilih Tiap Bulan.
  • Aktifkan Halaman Posting? : Silahkan pilih Ya atau Tidak.
  • Akhiri pengaturan menu Arsipkan dengan klik tombol SIMPAN SETELAN.

Feed Situs

Beberapa pengaturan dalam menu Feed Situs :
  • Izinkan Feed Blog : Silahkan pilih Tak satupun, Singkat, atau Penuh. Disarankan untuk memilih opsi Penuh.
  • Posting URL Pengubahan Arah Feed : isi dengan alamat feed milik anda, ini adalah jika anda telah melakukan burner feed seperti misalnya dengan feedburner. Namun jika belum punya, silahkan dikosongkan saja terlebih dahulu. Untuk pembahasan feed burner akan di posting pada posting selanjutnya.
  • Post Feed Footer : Isi dengan kode yang ingin tampil pada footer post feed. Jika belum mengerti dikosongkan saja terlebih dahulu.
  • Akhiri Pengaturan menu Feed Situs dengan klik tombol SIMPAN SETELAN.

Email & Seluler

Untuk memposting sebuah artikel kedalam blog anda, tidak hanya melalui post editor yang ada di blogger. Namun, anda pun bisa posting artikel melalui email ataupun perangkat seluler anda.
Beberapa pengaturan dalam menu Email & Seluler :
Alamat BlogSend : tulis alamat email yang ingin dikirim notifikasi apabila anda mempublikasikan sebuah artikel. Maksimal jumlah yang bisa di kirim adalah sampai 10 buah email, format penulisan email di pisahkan dengan tanda koma ( , ).
Alamat Pengeposan via Email : buatlah alamat email blogger untuk mengirimkan posting dari email atau perangkat seluler dengan cara menuliskan pada kotak yang tersedia. Misalkan alamat email anda adalah contohsaja@gmail.com maka anda bisa membuat email blogger menjadi contohsaja.post@blogger.com atau contohsaja.blog@blogger.com atau apa saja menurut anda yang bagus. Tapi ingat, rahasiakan alamat email ini agar orang lain tidak bisa posting ke blog anda
alamat pengeposan via email
Untuk mengaktifkan fitur ini, anda harus memilih opsi Publikasikan segera email, artinya apabila anda mengirimkan email ke alamat diatas, isinya akan langsung diposting ke blog. Jika opsi yang dipilih adalah Simpan email sebagai entri konsep, maka email yang dikirimkan tidak akan langsung di publikasikan, melainkan akan masuk ke post konsep.
Namun, apabila anda tidak ingin mempublikasikan melalui email, pilih opsi Dinonaktifkan. Fungsi ini banyak juga dipilih dengan alasan keamanan.
Jangan lupa akhiri pengaturan menu Email & Seluler dengan klik tombol SIMPAN SETELAN.

OpenID

Disini tidak ada yang harus di atur, melainkan pemberitahuan bahwa alamat blog anda bisa digunakan sebagai alamat OpenID. Apa itu OpenID? Mungkin lain kali akan dibahas.

Izin

Pada menu ini anda dapat menambahkan penulis dengan cara di undang ke email yang anda anggap layak untuk ikut serta menjadi penulis di blog anda.
Pada Siapa yang bisa melihat blog ini? Anda dapat memilih siapa saja yang dapat mengakses blog anda. Opsi Siapapun berarti blog anda terbuka untuk umum atau bisa dibuka oleh siapa saja. Hanya Orang-orang yang saya pilih  yaitu hanya orang-orang yang di undang oleh anda yang dapat mengakses blog anda dengan cara login terlebih dahulu. Hanya penulis blog berarti hanya penulis saja yang bisa mengakses isi halaman blog anda, Opsi Hanya penulis blog terkadang di gunakan juga pada saat mengganti template, agar blog anda tidak terlihat semrawut ketika mengganti template.
Untuk pembahasan Cara Pengaturan Blog Di blogger sepertinya sudah cukup, apa opini anda tentang ini?

1 komentar:

Basaruddin Geografhy Lovers

bagaimana cara menampilkan blog agar terlihat indah, rapi dan menyenangkan???

Posting Komentar

Jangan lupa kasih komennya : }

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
  1. Panduan membuat Blog
  2. Cara setting blog di blogger
  3. Cara Custom Domain di Blogger / blogspot
  4. Cara Mengganti Template di blogspot
  5. Cara memposting artikel
  6. buat Read more pada template klasik
  7. Cara membuat Text Area
  8. Cara membuat menu dropDown
  9. cara Upload foto
  10. Cara membuat Link(1)
  11. Cara membuat Link(2)
  12. Cara membuat marquee (text berjalan)
  13. Cara membuat efek Refresh
  14. Kode HTML tampil pada postingan
  15. Masalah posting artikel
  16. Simbol Yahoo! Emoticons
  17. Simbol Blogger Emoticons
  18. Cara Pasang jam
  19. Cara membuat banner animasi
  20. Cara membuat buku tamu
  21. HTML Tutorial
  22. Free Download
  23. Foto animasi
  24. Cara pasang Statistik & Tracker
  25. Perlunya IE dan FireFox
  26. Cara pasang musik
  27. Logo & Button
  28. Membuat Menu D Tree (menu mirip pada windows explorer)
  29. HTML Tutorial(2)
  30. Membuat Read more pada template baru
  31. User Online status
  32. Cara membuat blogroll Alternatif
  33. Cara pasang gambar
  34. Cara membuat Icon YM
  35. cara pasang Video
  36. Daftar Mybloglog
  37. Membuat Navigasi dengan CSS
  38. Template baru VS template Klasik
  39. Membuat Penggalan Artikel
  40. Membuat Link Untuk Download
  41. Menu Dropdown dengan JavaScript
  42. Menu Dropdown dengan JavaScript (2)
  43. Cara Membuat Favicon
  44. Pasang Recent Comments
  45. Text Berjalan di Bar menu
  46. Rotating banner
  47. Cara membuat kategori (label)
  48. Read more versi baru
  49. Pasang Link di New Blogger Template
  50. Cara Pasang Feed di Blog
  51. Pasang Banner di Header Blog
  52. Membuat Banner Bertaburan
  53. Tips Menghilangkan Border Image
  54. Cara membuat Navigasi Dengan Css (2)
  55. Mengatur Perataan Posting Artikel
  56. Tips Mengganti Background Blog
  57. Pasang Image pada judul Artikel
  58. Membuat link satu halaman
  59. Photo profile berbingkai
  60. Photo profile berbingkai
  61. Gambar berbingkai
  62. Image dalam kode marquee
  63. Pasang kode tuker link
  64. Cara daftar search engine
  65. Cepat terindeks di google
  66. Pasang Kalender
  67. Hilangkan garis bawah Link
  68. Ubah Warna Link
  69. Pelacak IP Address
  70. Pasang Jadwal Sholat
  71. Mengubah lebar kolom template
  72. Daftar Google Sitemap
  73. Daftar Feedburner
  74. Pasang Snaps Shots
  75. membuat navbar
  76. pasang label cloud
  77. Membuat tulisan bergaya koran
  78. horizontal dropdown menu
  79. membuat marquee text dalam gambar
  80. Marquee dengan Javascript
  81. Siapa yang pasang link ke blog kita
  82. Kotak komentar dengan haloscan
  83. Cara membuat daftar isi blog
  84. Cara menghilangkan Subcribe to
  85. Tips menambah kolom pada template baru
  86. Setting Widget Mybloglog
  87. membuat kursor animasi
  88. Download Mini Icon
  89. Menyisipkan Mini icon pada label
  90. Lebih jauh mengenai Read more
  91. Cara menghilangkan navbar Blogger
  92. Cara membuat frame iklan
  93. Cara mengganti warna sidebar pada template minima
  94. menyisipkan Icon pada View Profile
  95. Baca feed melalui Google Reader
  96. Cara Upload data ke Google Page Creator
  97. Cara membuat ONLINE BOOKMARK
  98. mengenal perintah Iframe
  99. Cara menampilakan karakter khusus
  100. tutorial software HTML Color V.1.4
  101. Cara pasang search engine di blog
  102. Membuat sidebar ada di kiri dan kanan
  103. Tutorial software scott box shot maker
  104. Menambah emoticons di shoutbox
  105. Tips membuat multi kolom
  106. Cara membuat tabel di blog
  107. Horizontal tab menu j
  108. Horiontal tab menu 10
  109. POp up generator
  110. Backup blog secara Online
  111. Atasi error widget harus unik
  112. Backup data dalam widget
  113. Pasang fasilitas print
  114. Trik mudah membuat Read more
  115. Pasang google talk di blog
  116. Pasang feed dalam kode marquee
  117. Pasang yahoo messenger (2)
  118. Pasang google talk di blog (2)
  119. Hilangkan angka dalam label
  120. Tips Search Engine Optimization (SEO)
  121. Pasang Game di blog
  122. Free CSS menu tabs 6
  123. Setor muka via gravatar
  124. membuat gambar thumbnail
  125. Read more sejajar dengan posting
  126. Pasang tombol digg
  127. Drop down menu sama lebar
  128. Drop down menu dengan CSS
  129. membuat daftar isi (2)
  130. Pasang widget post terbaru dan komentar terbaru
  131. pasang yahoo emoticon (2)
  132. install assteg emoticon ke post editor
  133. membuat background posting berbeda-beda
  134. Pasang iklan google adsense di bawah posting
  135. Pasang iklan kliksaya.com di bawah read more
  136. cara membagi dua kolom header
  137. Install Emoticon More-smilies Cosa aranda ke Editor Posting
  138. Buat Tulisan bergaya web 2.0 secara Online
  139. Ziddu - free file hosting
  140. Tutorial navigasi : Dynamic-FX Slide-In menu
  141. Free Logo Maker
  142. Cara Membuat Favicon (2)
  143. Atasi error copy paste kode wordpress
  144. fitur-fitur baru dari Blogger.com
  145. Setting komentar di bawah posting
  146. Kotak Komentar di bawah Posting
  147. membuat efek Photo Blur
  148. Mengubah Lebar Arsip Dropdown
  149. Cara mengcopy gambar di layar monitor
  150. menyimpan widget di bawah header
  151. Cara membuat elemen Persis di bawah header
  152. Mengatur Tampilan Judul Sidebar
  153. Google Docs : pasang data excel di blog
  154. Mengatur tampilan judul posting
  155. Widget baru mybloglog
  156. fitur baru blogger
  157. Membuat warna link berkedip
  158. Cara Modifikasi Kotak Komentar
  159. Revisi: Cara Modifikasi Kotak Komentar
  160. Alternatif Warna Kotak Komentar
  161. Memilah Milah Komentar
  162. Zoom Efek Dengan Script Fancy Zoom
  163. Cara membuat Contact form / Kontak Kami
  164. Elemen Halaman Mempunyai Fungsi Scroll
  165. Tips Menghilangkan Pesan Pencarian Blogger
  166. Membuat Read more Plus Judul Artikel
  167. Membuat Sidebar Dalam Kotak-Kotak Terpisah
  168. Free Template : Magazine Template 2
  169. Tanya Jawab seputar Template magazine 2
  170. Menghilangkan Icon Obeng dan Tang / Quick edit Blogger
  171. Tanya Jawab Seputar Template Magazine 1
  172. Pasang Skrip Alert Di Blog
  173. Pasang Google Toolbar
  174. Free Icon Untuk Blog Dan Website
  175. Asyik Ngeblog Bersama Windows Live Writer
  176. Tanya Jawab Seputar Windows Live Writer (WLW)
  177. Buat Kolom Diatas Kolom Posting Pada Magazine template 2
  178. Buat Kolom Dibawah Header Pada Magazine Template 2
  179. Blog Pertama Kang Rohman
  180. Free html dan PHP Editor
  181. Apa sih Alexa Rank atau Peringkat Alexa Itu?
  182. Tutorial Pasang Widget Alexa di Blog
  183. Tips Meningkatkan Alexa Rank
  184. Apa Sih Situs Social Bookmarking Network Itu?
  185. Solusi Mengatasi Kotak Komentar Yang bermasalah
  186. Tutorial Membuat Horizontal Navigasi

FREEDOM PALESTINE

 

Follow Me

bLOGGER

Sitemeter

Statistik

Arsip Blog

http://www.geocities.ws/edwinheryansyah/edwin/animasi/pgri.gif